Olah Raga
Mar2

Sejarah Singkat Sriwijaya FC Bermula di tahun 1976

2 comments

Siapa tak kenal Sriwijaya FC? Salah satu klub sepak bola kebanggaan Indonesia yang meraih prestasi gemilang. Jauh sebelum dikenal luas,tim asal Palembang yang berdiri pada 23 Oktober 2004 ini telah mengalami perjalanan panjang.

Bermula di tahun 1976, di mana Persija Timur berdiri. Selama lima belastahun terakhir, catatan prestasi Persija tim biasa saja, tidak bersinar terang. Hingga akhirnya di tahun 2001, Persija tim berpindah tangan, menggantikan Pelita Jaya yang semula merupakan tim sepak bola asal Solo.

Sriwijaya FC

Baca juga:

Sejarah Singkat Sriwijaya FC Bermula di tahun 1976

Beda tempat, beda pula nama yang disandang. Persija tim berubah menjadi Persijatim Solo FC. Klub ini kemudian dibeli oleh Pemerintah Daerah Sumatera Selatan di tahun 2004. Dana yang dikeluarkan cukup besar, yakni sekitar enam miliar rupiah.

Perpindahan ini bukan saja mengubah nama Persijatim Solo FC, melainkan juga awal mula kesuksesan timyang dijuluki Laskar Wong Kito.




Sejarah Singkat Sriwijaya FC Bermula di tahun 1976

Di tahun 2007, Sriwijaya FC berhasil mencetak rekor baru sebagai klub yang sukses mengantongi label double winner, yakni meraih kemenangan di Liga Indonesia dan Coppa Indonesia di tahun yang sama.

Hal tersebut tak lepas dari peran pelatih Rahmad Darmawan yang mampu mengatur anak buahnya. Pria yang kerap disapa RD merupakan pelatih legendaris yang berhasil membawa nama Laskar Wong Kito naik tingkat. Dari tim yang tidak dianggap hingga menjadi tim yang dielu-elukan publik.

Sejarah Singkat Sriwijaya FC Bermula di tahun 1976

Bahkan Rahmad Darmawan dicap sebagai pelatih tersukses dalam sejarah Laksar Wong Kito.Tak hanya pelatih, pemain pun memiliki sumbangsih tak kalah besar. Zah Rahan Krangar adalah salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Laskar Wong Kito. Nama Keith Kayamba Gumbspun tak kalah melegenda. Ia sukses mencetak 72 gol dan mempersembahkan 8 gelar bagi Pemkot Palembang.

Berbekal sejarah panjang, kini Sriwijaya FC menjelma sebagai klub yang diperhitungkan. Terakhir, Laskar Wong Kito sukses mengalahkan PSMS Medan dan keluar sebagai juara ketiga dalam ajang bergengsi Piala Presiden 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Penulis: 

author

Posting terkait "Sejarah Singkat Sriwijaya FC Bermula di tahun 1976"

2 Respon

  1. Lebih Dekat dengan PSS Sleman Sang Penguasa Maguwoharjo4 bulan ago

    […] Singkat Sriwijaya FC Bermula di tahun […]

    Balas
  2. Juku Eja PSM Makassar Kandang Jagoan Bola dari Timur – Gosip Artis3 bulan ago

    […] Singkat Sriwijaya FC Bermula di tahun […]

    Balas

Tinggalkan pesan "Sejarah Singkat Sriwijaya FC Bermula di tahun 1976"