Olah Raga
Mar2

Juku Eja PSM Makassar Kandang Jagoan Bola dari Timur

2 comments

Klub sepak bola tertua di Indonesia, PSM Makassar memiliki perjalanan panjang sebelum meraih popularitas. Dibentuk pada 2 November 1915, klub ini dinamakan Makassar Voetball Bond (MVB).

MVB terlahir sebagai tim sepak bola amatir, berisikan pemain dari kalangan pribumi dan Belanda. Antusiasme masyarakat membuat MVB kewalahan hingga mendirikan empat divisi kompetisi demi kelancaran aktivitas sepak bola.

PSM Makassar

Baca juga:

Juku Eja PSM Makassar Kandang Jagoan Bola dari Timur

Meski namanya dikenal luas, MVB belumikut serta dalam kompetisi resmi PSSI di tahun 1931. Di masa kependudukan Jepang, MVB berganti nama menjadi Persatuan Sepak Bola Makassar.

Selepas masa kependudukan Jepang, pemain hebat mulai bermunculan. Salah satunya adalah pemain legendaries PSM Makassar, Andi Ramang. Ramang memiliki kecepatan di atas rata-rata, akurasinya pun tinggi. Ia sanggup menendang bola dari segala arah.

Hanya segelintir pemain  bola yang bias melakukan salto dan Ramang adalah salah satunya. Dengan kelihaiannya, Ramang yang bergabung sejak tahun 1947 berhasil membawa Juku Eja meraih berbagai kemenangan.




 

Juku Eja PSM Makassar Kandang Jagoan Bola dari Timur

Kepiawaian Ramang di lapangan bukan hanya diakui Indonesia, FIFA pun mengakui kehebatannya. Hal tersebut tak lepas dari kesuksesan Ramang memperkuat tim Indonesia di Olimpiade Melbourne 1956 saat melawan Uni Soviet.

Di tahun 2012, setelah 25 tahun kepergian Ramang, FIFA mengunggah artikel berjudul “Indonesian Who Inspired ‘50s Meridian” untuk mengenang sang legenda.

Ramang menjadi inspirasi bagi Juku Eja (IkanMerah). Namanya pun diabadikan sebagai sebutan tim, yakni Pasukan Ramang. Ia menjadi legenda yang akan selalu dikenang, meski raga tak lagi ada.

Juku Eja PSM Makassar Kandang Jagoan Bola dari Timur

Hampir mirip dengan Ramang, tim yang juga dijuluki Ayam Jantan dari Timur ini memiliki cirri khas permainan yang cepat, keras, dan teknik yang tinggi. Para pemainnya pun dikenal tanggung, tidak mudah menyerah apalagi putus asa.

Tak heran jika Juku Eja ini memiliki sederet pemain legendaris yang tak kalah hebat dengan Ramang, yakni Ronny Pattinasarany, Alimuddin Usman, Bima Sakti Tukiman, dan Syamsul Chaeruddin.

Itulah sekilas perjalanan panjang PSM Makassar, kandang jagoan bola dari Timur, legenda sepak bola Indonesia, Andi Ramang.

Penulis: 

author

Posting terkait "Juku Eja PSM Makassar Kandang Jagoan Bola dari Timur"

2 Respon

  1. Sejarah Persela Lamongan Dari Dulu Hingga Kini – Gosip Artis5 bulan ago

    […] Eja PSM Makassar Kandang Jagoan Bola dari […]

    Balas
  2. Sejarah Singkat Persib Bandung Semenjak 1923 – Gosip Artis5 bulan ago

    […] Eja PSM Makassar Kandang Jagoan Bola dari […]

    Balas

Tinggalkan pesan "Juku Eja PSM Makassar Kandang Jagoan Bola dari Timur"