Olah Raga
Mar2

Sejarah Singkat Persib Bandung Semenjak 1923

0 komentar

Klub sepak bola kebanggaan Jawa Barat, Persib Bandung memiliki sejarah panjang sebelum sukses menjadi salah satu tim hebat di Indonesia. Perjalanan Maung Bandung dimulai sejak tahun 1923.

Kala itu Bandoeng InlandscheVoetbal Bond, kelompok perjuangan kaum nasionalis dibentuk pada tahun 1923 dengan Syamsudin sebagai ketua umum.Saat itu, BIVB menggunakan lapangan Tegalega untuk berlatih sepak bola.

Persib Bandung

Baca juga:

Sejarah Singkat Persib Bandung Semenjak 1923

Di tahun 1930, BIVB berhasil lolos final kompetisi perserikatan, meski harus mengalami kekalahan setelah melawan Voerbalbond Indinesish Jakarta. Tiga tahun berselang, tepatnya 14 Maret 1933, Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung dan National Voetball Bond melebur menjadi Maung Bandung.

Tahun 1937 menjadi masa yang sulit bagi klub karena dianggap berisikan kumpulan pemain kelas dua. Namun, Maung Bandung menunjukkan taringnya dengan memenangkan kompetisi perserikatan, mengalahkan Persis.




 

Sejarah Singkat Persib Bandung Semenjak 1923

Masa kependudukan Jepang membuat segala aktivitas klub terhenti. Maung Bandung kembali aktif pada tahun 1948 dan mulai melebarkan sayap. PendukungMaung Bandung tersebar di sejumlah daerah.Lantaran membutuhkan tempat yang tetap, di tahun 1953-1957 Maung Bandung resmi memiliki kantor sekteratariat di JalanGurame, Bandung.

Setelah sukses mengalahkan PSM Ujung Pandang di final kompetisi perserikatan 1961, Maung Bandung terus mengasah kemampuannya. Namun, di tahun 1970 hingga 1985, Persib Bandung mengalami kemunduran. Tidak hanya miskin gelar, kualitas pemain pun menurun.

Kendati demikian, klub tak tinggal diam. Usaha dan latihan yang tekun membuahkan hasil. Di tahun 1986 hingga 2008 sederet prestasi berhasil diraiholeh Maung Bandung. Bahkan Maung Bandung berhasil lolos hingga babak perempat final Piala Champions Asia 1995.

Sejarah Singkat Persib Bandung Semenjak 1923

Tahun 2008, Maung Bandung membentuk badan usaha dan tidak lagi mendapatkan aliran dana dari pemerintah. Maung Bandung yang tertidur pulas selama 19 tahun akhirnya bangun dan meraih gelar juaraLiga Super Indonesia 2014.

Kesuksesan Persib Bandung tak lepas dari tangan dingin pelatih legendaris, seperti Ade Dana, Nandar Iskandar, Indra Thohir, dan Djajang Nurdjaman. Djajang Nurdjaman pun dikenal sebagai pemain legendaris, di samping Robby Darwis, Yusuf Bachtiar, Ajat Sudrajat, dan Sutiono Lamso.

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Sejarah Singkat Persib Bandung Semenjak 1923"

Tinggalkan pesan "Sejarah Singkat Persib Bandung Semenjak 1923"